Qodhi Abu Su’ud, Ulama Banjar yang Diminta Membina Masyarakat Kedah Dalam hal Ilmu Agama | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 18 Mei 2022

Qodhi Abu Su’ud, Ulama Banjar yang Diminta Membina Masyarakat Kedah Dalam hal Ilmu Agama

 


Syekh Qodhi Abu Su’ud adalah seorang ulama Banjar yang menjadi qodhi pertama di kerajaan Banjar. Beliau juga adalah salah satu anak dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan Martapura)

Suatu ketika, Qodhi Abu Su’ud pulang dari Makkah menuju Banjar menumpang disuatu kapal. Namun, sewaktu di Kuala Kedah, terpaksa kapal itu digiring oleh petugas keamanan kerajaan Kedah karena terjadi suatu kesalah pahaman. Karena waktu itu kerajaan Kedah sedang berkonflik dengan kerajaan Siam.

Setelah diperiksa oleh petugas keamanan Kedah, ternyata hanya terjadi kesalah pahaman isyarat. Petugas keamanan Kedah mengira kapal tersebut ingin melakukan perlawanan. Lalu kapal yang ditumpangi Qodhi Abu Su’ud dibebaskan Kembali.

Namun, kerajaan Kedah ternyata meminta Qodhi Syekh H. Abu Su’ud tetap tinggal di Kedah. Qodhi Abu Su’ud diminta untuk membina masyarakat Kedah dalam hal ilmu agama. Beliau pun mau menetap dan kawin dengan perempuan Kedah. Beliau banyak melahirkan anak dan cucu urang Banjar keturunan Datu Kalampayan disana.

Qodhi Syekh H. Abu Su’ud adalah anak datu kalampayan dari istri yang Bernama Tuan Bidur. Saudara Qodhi Abu Su’ud diantaranya adalah Sa’idah, Qodhi Abu Na’im, dan Khalifah Syihabuddin.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi halaman 43, sub judul "H. Mas'ud bin "Istri yang Bernama Tuan Bidur" hal 112

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner